Sunday, May 20, 2018

Retargeting, Kamu Sedang Dimata-matai Oleh Dia..

Picture From Twitter

Pernah gak kalian terkejut kenapa suka ada iklan di Facebook atau Web lain yang sesuai banget sama barang yang lagi pingin dibeli..??' atau sekedar jadi wishlist doang tapi tiba-tiba muncul di feed..??' Saking akuratnya, kalian mungkin mengira kalo kalian udah dimata-matai.

Fenomena tersebut adalah contoh dari retargeting. Apa itu retargeting..??'
Retargeting adalah iklan yang disajikan untuk orang-orang yang pernah mengakses ke suatu website sebelumnya atau telah ada di database perusahaan (lead/cust). Tujuan retargeting adalah untuk conversion dan meningkatkan awareness.

Gimana proses retargeting..??'
Retargeting ada dua tipe.
  1. Pixel-based retargeting yang menampilkan ulang data-data anda selama mengakses atau mencari suatu barang. Tipe ini adalah yang paling umum. Iklan yang disajiin akan sesuai interests kalian selama berinternet dari cookies dan IP Address.
  2. Retargeting yang pakai database perusahaan. Marketeers bisa pakai daftar kontak customer atau prospek dari database untuk retargeting. Caranya dengan upload email customer ke web macam Facebook atau Twitter lalu Facebook atau Twitter akan formulasiin iklan yang pas. Sebagai brand atau perusahaan retargeting ini akan sangat membantu, tapi dari sudut pandang customer retargeting ini bisa terkesan annoying dan creepy. Retargeting ini biasanya dipake sama marketplace atau e-commerce. Contohnya adalah iklan diskon yang sesuai dengan keinginan kalian.
Nah dari sekian web lain, retargeting yang paling populer mungkin dari Facebook. Gimana prosesnya..??'
Facebook adalah tools yang pas untuk kalian para marketeers atau brand yang pingin buat iklan. Retargeting di Facebook prosesnya sama dengan retargeting biasa. Ketika kalian udah login lalu kalian cari barang atau buka website baik di luar atau di dalam Facebook maka Facebook akan merekam dan pakai aktivitas tersebut dan cookie browser untuk ngebuat personalized ads. Ads ini nantinya bisa "ngikutin" kalian terus selama berselancar di internet.

Apa aja informasi yang dibutuhin untuk Facebook bisa nampilin iklan yang sesuai..??'
1. Demografi (Usia, gender, lokasi, tingkat pendidikan)
2. Interests (Business, industry, relationship, food, tech, music)
3. Behaviour (Comments, like, post, dan aktivitas lain di dalam atau di luar Facebook)

Terus gimana caranya agar terhindar dari retargeting ads..??'
  1. Pakai Incognito browser.
  2. Biasain clear cache dan cookies tiap kali abis belanja online atau akses web tertentu.
  3. Turn off cookies. Untuk Chrome user, klik settings, show advanced settings dan klik content settings.
  4. Pakai plugin Ghostery di Chrome.
  5. Untuk pengguna Android, buka Google Settings => Ads => Opt Out of Interest - Based Ads
  6. Buka Facebook. Kemudian buka "Settings." => Klik "Ads" di bagian kiri bawah. => Klik edit di "Ads based on my preferences. => Klik "Visit Ad Preferences".





Cr. @r3tweEt3d

No comments:

Post a Comment